Foto Bersama Peserta Duta HIV AIDS dan Narasumber dari Dosen UNIMUGO. Sumber Foto: Humas UNIMUGO

Gombong-Unimugo, Pemilihan Duta Pelajar HIV-AIDS Kabupaten Kebumen 2022 merupakan acara yang diselenggarakan untuk  mengkampanyekan penanggulangan HIV-AIDS dengan sasaran pelajar tingkat SMA. Data menunjukan bahwa angka penularan HIV telah menyebar di kalangan pelajar di Kabupaten Kebumen, sehingga membutuhkan peran penting pelajar untuk mengedukasi penanggulangan HIV-AIDS.

Salah satu rangkaian agenda pemilihan Duta Pelajar HIV-AIDS Kabupaten Kebumen 2022 adalah melalui Pembekalan materi bagi para finalis agar dalam mengemban tugasnya sebagai Duta memiliki kesiapan yang matang. Acara pembekalan Duta Pelajar HIV-AIDS Kabupaten Kebumen 2022 berlangsung di Hotel Grand Kolopaking pada hari Kamis, 30 Juni 2022.

Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara Sekretaris Daerah Kebupaten Kebumen, Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen, RSUD Jendral Soedirman Kebumen, Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

Materi yang dibawakan oleh para Dosen Fakultas Sains dan Humaniora (UNIMUGO) berkaitan dengan aspek hukum dan pencegahan kekerasan seksual, manajemen dan pengembangan karakter. Aspek hukum dibawakan oleh  Kuni Nasihatun Arifah, S.H., M.H. selaku dosen Prodi Hukum yang juga aktivis perempuan. Materi  Ibu Kuni adalah  mengenai pencegahan kekerasan seksual yang dapat diintegrasikan dalam pencegahan HIV-AIDS.

Sedangkan dari aspek Manajemen Diri disampaikan oleh  Wisanggeni Bagus Anggoro, S.E., M.M. yang merupakan dosen Prodi Manajemen sekaligus sebagai Kepala Program Studi Manajemen. Wisang memberikan materi tentang bagaimana langkah dalam manajemen diri sabagai bekal dalam menjalankan tugas sebagai Duta Pelajar HIV-AIDS.

Selanjutnya aspek Kewirausahaan dibawakan oleh Tiyan Fatkurrokhman, SE, MM selaku dosen Prodi Manajemen yang juga sekaligus pelaku UMKM percetakan sablon di Kebumen.

Terakhir aspek pengembangan karakter problem solving dibsampaikan oleh Eko Ari Wibowo, S.T., M.T. selaku dosen Prodi Teknik Industri yang berbicara mengenai bagaimana para ODHA berjuang dan dapat hidup melawan stigma.

Selain dari dosen UNIMUGO, materi pembekalan juga disampaikan oleh Dinas Kesehatan Kebumen seputar penularan HIV-AIDS, psikolog dari RSUD Kebumen yang berbicara mengenai pola pergaulan yang berpotensi menularkan HIV-AIDS. Selain itu juga materi  public speaking dan pengembangan media sosial dibawakan oleh dosen ITTP dan Duta Bahasa Jawa Tengah.